l “KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 SINAR HARAPAN MULYA KECAMATAN TELUK GELAM OGAN KOMERING ILIR”

Syarifah, Hidayatus (2015) l “KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 SINAR HARAPAN MULYA KECAMATAN TELUK GELAM OGAN KOMERING ILIR”. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Tesis Hidayatus Sy pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Sinar Harapan Mulya Kecamatan Teluk Gelam Ogan Komering Ilir”. Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan suatu cara yang digunakan pemimpin dalam berinteraksi dengan bawahannya. Baik buruknya suatu organisasi sering kali sebagian besar tergantung pada faktor pemimpin. Kepemimpinan tampak dalam proses di mana seseorang mengarahkan, membimbing, mempengaruhi atau mengawasi pikiran-pikiran, perasaan-perasaan atau tingkah laku orang lain. Sehingga dalam hubungannya dengan organisasi sekolah, kepala sekolah merupakan pemimpin yang memiliki tanggung jawab tertinggi dalam menentukan kinerja organisasi sekolah melalui upaya penggerakan dan pengarahan pada seluruh anggota. Dalam pelaksanaan organisasi pada proses kepemimpinan kepala sekolah harus didukung oleh personalia, seperti administrator, guru, konselor, dan tata usaha yang profesional serta didukung pula oleh sarana dan prasarana pendidikan, fasilitas, media, serta sumber belajar yang memadai, baik jumlah, dan biaya yang mencukupi, manajemen yang tepat, serta lingkungan yang mendukung. Penelitian ini membahas mengenai gaya kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan membimbing, dan kemampuan mempengaruhi sumber daya manusia di SD Negeri 1 Sinar Harapan Mulya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran gaya kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan membimbing, kemampuan mempengaruhi sumber daya manusia di SD Negeri 1 Sinar Harapan Mulya Kecamatan Teluk Gelam Ogan Komering Ilir. Untuk mengetahui hasil penelitian, penulis menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif sehingga teknik analisis dilakukan secara deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi informan terdiri dari beberapa nara sumber atau partisipan, komite, guru, masyarakat dan tata usaha. Informan penelitian yang diambil hanyalah orang-orang tertentu yang telah dipertimbangkan dan dipandang telah menguasai serta mendalami situasi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian lapangan, penulis dapat menyimpulkan, pertama: gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 1 Sinar Harapan Mulya mengadopsi gaya kepemimpinan visioner dan transformasional, kedua: kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari kemampuan membimbing sumber daya manusia dalam proses pelaksanaan program kerja telah terlaksana secara bertahap dan sesuai dengan POAC (planning, organizing, actuating, controlling) dan kepala sekolah tampak selalu menjadi sumber inspirasi serta mampu melibatkan sumber daya manusia dalam menyelesaikan permasalahan di sekolah, ketiga: kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari kemampuan mempengaruhi beru

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:17
Last Modified: 20 Sep 2021 07:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item