PENERAPAN METODE LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR

FITRIANINGSIH, DUWI LELY (2016) PENERAPAN METODE LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM BAYUNG LENCIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II R.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV revisi.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jilid.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NEW DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Latihan Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Bayung Lencir”. Penulis melakukan penelitian ini bermaksud ingin mengungkapkan sejauh mana keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Bayung Lencir melalui metode latihan, maksudnya adalah penerapan metode latihan pada hasil belajar berupa keterampilan membaca. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode latihan di kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Bayung Lencir? (2) Apakah ada perbedaan keterampilan membaca siswa kelas IV antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode latihan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Bayung Lencir?. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen. Dalam penelitian ini yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian eksperimen pre-experimental designs dengan bentuk One Group Pretest – Posttest Design. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI Nurul Islam Bayung Lencir dengan jumlah 27 orang yang tersiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Penulis melakukan tes untuk mengetahui sejauh mana keterampilan membaca siswa kelas IV tersebut dengan melakukan pre-test dan post-test dengan menggunakan soal yang sama. Kemudian data yang di dapatkan penulis dianalisis deskriptif (TSR) dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan penulis menggunakan tes “t” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan (N kurang dari 30). Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil keterampilan membaca siswa kelas IV yang menggunakan metode latihan (post-test) mendapatkan nilai rata-rata 79, sedangkan hasil keterampilan membaca siswa kelas IV sebelum diterapkan metode latihan (pre-test) mendapatkan nilai rata-rata 65, sehingga dapat dilihat terdapat perbedaan hasil belajar (keterampilan membaca) antara pre-test dan post-test mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Bayung Lencir. Sedangkan untuk uji perbandingan didapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan ( = 8,012) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt.ts.5% = 2,06 dan tt.ts.1% = 2,78) maka dapat kita ketahui bahwa adalah lebih besar daripada ; yaitu: 2,06<8,012>2,78. Jadi, karena lebih besar daripada maka Hipotesis Nihil yang diajukan di muka ditolak; ini berarti bahwa adanya perbedaan keterampilan membaca siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode latihan merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang meyakinkan (signifikan).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:17
Last Modified: 20 Sep 2021 07:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item