PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI MIN I TELADAN PALEMBANG

Ardianti, Meri (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI MIN I TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
MERI ARDIANTI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan STAD (Student Team AchievementDivisions) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MIN 1 Teladan Palembang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis di Min I Teladan Palembang ,penulis mengamati bahwa proses pembelajaran aqidah akhlak di MIN I Teladan Palembang masih menggunakan pola lama yaitu ceramah dan mencatat,sehingga terlihat siswa kurang merespon pelajaran yang sedang berlangsung, siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan belajar, hal ini dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat merangsang siswa untuk berpikir sehingga mereka bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran . Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimanakah Penerapan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam materi akhlak tercela di MIN I Teladan Palembang ? Bagaimanakah Penerapan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak Menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam materi akhlak tercela di MIN I Teladan Palembang Bagaimanakah perbedaan hasil belajar siswa kelas ekspreimen dan kelas kontrol pada Materi akhlak tercela di MIN I Teladan Palembang?. Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode tes, observasi,dokumentasi. Dari hasil penelitian di peroleh, siswa tuntas dikelas eksperimen yang tuntas sebanyak 30 orang, siswa kelas kontrol yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan mean 84,6. Hasil Post-test siswa kelas kontrol. Untuk menguji signifikasi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, di gunakan rumus uji ―t‖dan di peroleh thitung sebesar mean 11,44 perhitungan ttabel dengan membandingkan thitung baik pada taraf signifikan 5% atau pada tarap signifikan 1%: 2,00 < 11,44> 2,65. Berdasarkan hasil analisis data peneliti ini dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak materi (Kikir, Serakah,kisah Qarun) antara kelas kontrol dan kelas eksperimendengan menggunakan metode STAD di MIN I Teladan Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:19
Last Modified: 20 Sep 2021 07:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item View Item