PENGARUH SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 4 KAYUAGUNG

TRIANA, IKE (2018) PENGARUH SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 4 KAYUAGUNG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
IKE TRIANA 13210119.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh sarana belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kayuagung, adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam dunia pendidikan sarana belajar sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran sarana bisa mempengaruhi motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, jika sarana tidak memadai dana dapun sarana SMP N 4 Kayuagung ini sudah baik, namun ada beberapa fasilitas seperti ruang labor dan kerusakan barang serta sebagian staf atau pendidik yang tidak memanfaatkan sarana belajar dan tidak berjalan dengan baik misalnya pada Pembelajaran PAI ada Guru yang jarang menggunakan fasilitas sarana belajar seperti LCD, Laptop, dan fasilitas lainnya. Selain itu siswa belum termotivasi dan memanfaatkan waktu yang kosong dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca buku di perpustakaan. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana sarana belajar di SMP Negeri 4 Kayuagung 2).Bagaimana motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kayuagung Kayuagung 3).Apakah ada pengaruh sarana belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kayuagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VIII SMPNegeri 4 Kayuagung berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus test “t”. Adapun hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik. Motivasi belajar siswa pada kelas VIII.8 tergolong baik dilihat dari 30 responden 20 siswa tergolong tinggi (64,5%) tergolong sedang 10 siswa (35,5%) dan tergolong rendah 0 siswa sebanyak (0%). Dan dari 30 responden pada kelas VIII.7 menunjukkan ada penurunan motivasi belajar siswa yang motivasi tinggi hanya 4 siswa (12,9%) sedangkan yang tergolong sedang sebanyak 20 orang (67,7%) dan motivasi belajar siswa terendah sebanyak 6 siswa (19,3%) berarti ketika motivasi belajar siswa akan naik seperti yang terjadi dikelas VIII.8 sedangkan motivasi belajar di kelas VIII.7 motivasi belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji coba penilaian terlihat kelas VIII.8 skor My = 55 dibandingkan dengan motivasi belajar siswa kelas VIII.7 skor Mx = 47 hal ini menunjukkan mengalami peningkatan. Sedangkan untuk uji perbandingan di dapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu (2,00 < 4,76 > 2,65).oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti terdapat pengaruh Sarana Belajar terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kayuagung

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:19
Last Modified: 20 Sep 2021 07:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item