PENERAPAN METODE PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS III SD NEGERI 82 PRABUMULIH

AYU RAHMATIKA, GUSTI (2017) PENERAPAN METODE PUZZEL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS III SD NEGERI 82 PRABUMULIH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
GUSTI AYU RAHMATIKA (13210099).pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
GUSTI AYU RAHMATIKA (13210099).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kondisi di SD Negeri 82 Prabumulih yang sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari rendahnya interaksi baik dengan guru dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan maupun interaksi antar siswa. Berdampak pada nilai siswa yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari permasalahan ini maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1. Bagaimana Kemampuan Membaca al-Qur’an Bagi Siswa SD Negeri 82 Prabumulih Sebelum Penerapan Metode Magic Memory? 2. Bagaimana Kemapuan Membaca al-Qur’an Bagi Siswa SD Negeri 82 Prabumulih Setelah Penerapan Metode Puzzel ?3. Bagaimana Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Puzzel Terhadap Membaca al-Qur’an di Kelas III SD Negeri 82 Prabumulih?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan membaca al-Qur’an siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Puzzel dan kelas kontrol tanpa menggunakan metode Puzzel. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah kelas IIIa berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas dan IIIb berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji “t”. Setelah melakukan perhitungan dan analisa data, maka diperoleh data sebagai berikut: Pertama membaca al-Qur’an siswa pada kelas kontrol yaitu 6 (20%) siswa termasuk dalam kategori tinggi (nilai 64 ke atas), 20 (66,67%) siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai 54 – 69), dan 4 (13,33%) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 54 ke bawah). Kedua membaca al-Qur’an siswa pada kelas eksperimen yaitu 3 (10%) siswa termasuk dalam kategori tinggi (nilai 92 ke atas), 17 (57%) siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai 65 - 95), dan 10 (33%) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 65 ke bawah). Ketiga terdapat perbedaan yang signifikan membaca al-Qur’an siswa kelompok kelas eksperimen dengan menggunakan metode Magic Memory dan Membaca al-Qur’an siswa kelompok kelas kontrol tanpa menggunakan metode Magic Memory mata pelajaran PAI materi surat al-Fil karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada t0 adalah lebih besar dari pada “t” tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,65<4,91>2,00)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:21
Last Modified: 20 Sep 2021 07:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item View Item