PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN PALEMBANG

SUBARA, EVAN (2017) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
EVAN SUBARA (12210088).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan masalah yang sangat penting bagi bangsa yang berkembang. Pendidikan itu adalah bentuk kerja sama yang tidak pernah selesai, apabila mengingat masa sekarang akan mengetahui dunia telah mengalami kemajuan dalam bidang pengetahuan dan teknologi. Kecerdasan interpersonal sangat membantu dalam menyesuaikan diri serta dalam membentuk hubungan sosial. Minimnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan cenderung acuh terhadap lingkungan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas di PP Ar-Rahman Palembang, mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah di PP Ar-Rahman Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah penelitian korelasional. Penelitian korelasional atau korelasi merupakan suatu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah data untuk mengetahui serta menentukan ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih guna mengukur seberapa besarnya tingkat hubungan kedua variabel yang di ukur tersebut. Teknik pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dan untuk memperoleh data yang obyektif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga macam teknik pengumpulan data, yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana Y = a + bX. Setelah dilakukan analisa maka penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Kecerdasan interpersonal siswa kelas XIA Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ar�Rahman berada dalam kategori sedang dimana dalam kategori ini terdapat 22 siswa, sedangkan hanya 1 siswa yang dikategorikan tinggi. Dalam kategori sedang siswa tersebut memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dalam kategori rata-rata artinya siswa cukup mampu dalam membangun hubungan sosial. Kedua ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI A MA Pondok Pesantren Ar-Rahman dengan rincian Fh > Ft ( 30, 39 > 4, 32) H0 di tolak, sehinga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:22
Last Modified: 20 Sep 2021 07:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11417

Actions (login required)

View Item View Item