PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 PALEMBANG

WAHYUNI, TRI (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TRI WAHYUNI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendekatan Kontekstual merupakan suatu pendekatan pembelajaranyang memfasilitaskan siswa dalam suatu proses belajar-mengajar untuk mencari, mengolah, dan menemukan pengalaman belajar yang bersifat nyata. Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran matematika dimulai dengan menggunakan benda konkrit, dilanjutkan dengan proses membuat benda semi konkrit, dan selanjutnya keabstrak. Di dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual? Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pendekatan kontekstual dan Apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MAN 1 Palembang?.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual?Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual?dan Mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X. 2 dan kelas X. 3.Pengumpula data dilakukan dengann tehnik tes. Untuk menguji kevaliditasan, instrument penelitian terlebih dahulu peneliti mengkonsultasikan kepada empat validator yang telah ditunjuk. Berdasarkan analisis test pada kelas X. 2 dan kelas X. 3 diperoleh nilai t-test dengan thitung= dan ttabel= 1,6715 serta taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 57. Dengan demikian pendekatan kontekstual ini dapat meningkatkan pengaruh belajar terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:24
Last Modified: 20 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item