PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG

APRIYANTI, YUNITA (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
YUNITA APRIYANTI 13270150.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang. Pengaruh merupakan daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang atau benda) yang ikut membentuk watak kepercayaan dan perbuatan seseorang. Metode inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuanya dengan penuh percaya diri. Hasil belajar adalah ukuran kemampuan siswa yang diperoleh melalui proses pengukuran dan penilaian oleh guru. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran IPA, bagaimana hasil belajar siswa kelas VB sebelum dan sesudah diterapkan metode inkuiri, dan bagaimana pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran IPA. Dimana tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode inkuiri, hasil belajar yang telah diterapkannya metode inkuiri dan terdapat pengaruh yang signifikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian pre-exsperimental design sampel menggunakan simple random sampling. Adapun populasinya siswa kelas V berjumlah 120 dan sampel yang terpilih adalah siswa kelas VB berjumlah 39 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi, dokumentasi.Tehnik pengumpulan data menggunakan rumus statistic korelasi product moment N+30. Dari hasil temuan ini maka dapat diuraikan hasil pretest siswa yang memperoleh nilai tertinggia dalah 7 orang siswa (18%), yang mendapat nilai sedang 27 orang siswa (69%), yang mendapatkan nilai rendah 5 orang siswa (13%). tertinggi10 orang siswa (27%), yang mendapat nilai sedang 22 orang siswa (57%), yang mendapatkan nilai rendah 6 orang siswa (16%). Dan posttest siswa yang memperoleh nilai adalah tertinggi 10 orang siswa (27%), yang mendapat nilai sedang 22 orang siswa (57%), yang mendapatkan nilai rendah 6 orang siswa (16%). Ketiga signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dengan membandingkan besarnya “r” yang peneliti proleh dalam perhitungan ( yang tercantum di dalam nilai t ( dan maka dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada yaitu 0,304<0,80>0,393 dalam hal ini penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V matapelajaran IPA Madrasah IbtidaiyahNegeri 1 Teladan Palembang. Kata Kunci: Pengaruh Metode Inkuiri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:26
Last Modified: 20 Sep 2021 07:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item