STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MADRASYAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TALANG UBI PENDOPO

WAHYU FIRMANSYAH, TRI (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MADRASYAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TALANG UBI PENDOPO. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Talang Ubi Pendopo. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena peran guru dalam memberikan penjelaskan belajar kepada siswa belum belajar dengan baik. Hal ini dilihat dari keadaan peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru pada saat menyampaikan materi pelajaran, mengerjakan tugas mata pelajaran lain ketika pembelajaran berlangsung, adanya siswa yang malas belajar, tidur didalam kelas ketika pembelajaran berlangsung, berbicara dengan teman sebangku saat guru menjelaskan materi sehingga membuat siswa tidak fokus dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya kejenuhan belajar siswa di MIN I talang Ubi Pendopo. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan peneletian kualitatif dengan jensi penelitian deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis secara induktif. Teknik analisa data terdiri dari, reduksi data, trianggulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa menggunakan beberapa strategi dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan mengurangi rasa jenuh belajar siswa. Strategi yang digunakan guru adalah, melakukan Ice Breaking, menggunakan metode diskusi, metode demontrasi, memasukkan hal-hal yang lucu saat pembelajaran berlangsung, merubah posisi tempat duduk, bernyanyi, memberikan hadiah dan motivasi. Faktor yang membuat siswa jenuh saat pembelajaran berlangsung yaitu, tidak mengerti apa yang disampaikan guru, guru yang pemarah, sering dikasih tugas hafalan, dengan cara mengajar guru yang tidak bervariasi, dan mengalami jenuh saat saat mendengar guru menasehati siswa yang lain

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:27
Last Modified: 20 Sep 2021 07:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item