PENGGUNAAN MEDIA VIDEO CALL BAGI SUAMI ISTRI LONG DISTANCE MARRIAGE DALAM MEMBENTUK KELUARGA BAHAGIA (Studi di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir)

YUNIARNI, RIA (2019) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO CALL BAGI SUAMI ISTRI LONG DISTANCE MARRIAGE DALAM MEMBENTUK KELUARGA BAHAGIA (Studi di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
c. BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
d. BAB III.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e. BAB IV.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Video Call Bagi Suami Istri Long Distance Marriage Dalam Membentuk Keluarga Bahagia (Studi Di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir)”. Video call dapat digunakan sebagai alat yang dapat menyalurkan gambar serta suara dalam bentuk video sehingga terlihat seperti nyata. Media video call sering digunakan oleh pasangan suami istri long distance marriage dalam berkomunikasi dengan pasangannya sebagai pelepas rindu bagi keduanya yang tinggalnya berjauhan. Sehingga dengan komunikasi dapat mengakibatkan kebahagiaan dalam keluarga. Dalam penelitian ini ada dua hal yang diambil Pertama, bagaimanakan implementasi penggunaan media video call bagi pasangan long distance marriage dalam membentuk keluarga bahagia. Kedua, bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penggunaan media video call dalam membentuk keluarga bahagia di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan pada pasangan long distance marriage di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif yakni mempertajam analisis melalui data yang diperoleh dilapangan dan membahas secara mendalam mengenai penggunaan media video call bagi suami istri long distance marriage kemudian menguraikan dan disimpulkan secara induktif yaitu menarik pernyataan-pernyataan yang bersifat umum ke khusus sehingga pemahaman hasil penelitian dapat dengan mudah diapahami Hasil penelitian ini adalah semakin tinggi intensitas komunikasi menggunakan media video call bagi pasangan long distance marriage maka semakin tinggi tingkat kebahagiaan dalam keluarga, namun semakin rendah tingkat komunikasi maka semakin rendah juga tinggat kebahagiaan pernikahan pasangan sumi istri long distance marriage. Pandangan hukum Islam terhadap penggunaan media video call bagi pasangan long distance marriage yaitu memperbolehkan dengan mempertimbangkan kemaslahatan yang didapatkan dengan komunikasi yang dilakukan oleh pasangan suami istri long distance tersebut. Kata Kata Kunci : Media video call, Pernikahan long distance marriage, Keluarga Bahagia

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:43
Last Modified: 20 Sep 2021 07:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11451

Actions (login required)

View Item View Item