TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA DI BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG PALEMBANG

Mardiah, Mardiah (2018) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA DI BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI DIYAH.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Setiap tenaga kerja yang terdaftar sebagai peserta polis asuransi jaminan kecelakaan kerja di BPJS Ketenagakerjaan tidak mendapatkan pelayanan secara maksimal berdasarkan iuran yang vii telah dibayarkan kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan, oleh krena itu pihak BPJS Ketenagakerjaan masih belum memenuhi kriteria dalam mewujudkan kemaslahatan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan pendakatan kualitatif yaitu menggali sumber dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap pihak yang bersangkutan yakni BPJS Ketenagakerjaan untuk mengungkapkan masalah dengan cara memaparkan hasil pengamatan kemudian menganalisanya agar dapat ditarik kesimpulan. Data primer bersumber dari Al-Qur’an, Hadis dan Undang-Undang yang berkaitan dengan pembahasan, serta data berupa wawancara kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang terkait dengan pembahasan dalam skripsi. Data sekunder bersumber dari buku-buku yang berkaitan dengan hukum asuransi, brosur, internet, dan penelitian terdahulu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik data lapangan yang diperlukan sebagai data penunjang diperoleh melalui wawancara dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam standar penyelenggaraan jaminan kecelakaan kerja telah memenuhi prosedur sesuai dengan prinsip ekonomi syariah, dalam prinsip ekonomi syariah pun yang dalam BPJS Ketenagakerjaan adalah prinsip gotong-royong dan tolong�menolong antar sesama peserta untuk kepentingan peserta di dalamnya terkandung kemaslahatan yang sesuai dengan maqashid syari’ah. Kata Kunci : Penyelenggaraan Jaminan Kecelakaan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:43
Last Modified: 20 Sep 2021 07:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item View Item