PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI MONERA DI MAN 1 PALEMBANG

ALFARISA, RESTI (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI MONERA DI MAN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RESTI ALFARISA 12222089.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap pemahaman konsep siswa pada materi monera kelas X. IPA MAN 1 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran PQ4R sebagai variabel bebas dan pemahaman konsep sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas X. IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode eksperimen rancangan penelitian ini menggunakan Quasi-Eksperimen. dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis. Tes tulis digunakan untuk melihat kemampuan pemaham konsep siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran PQ4R. Berdasarkan hasil analisis, pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji regresi, kemampuan pemahaman konsep = 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini diperkuat dengan hasil uji gain, kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,80 (tinggi) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,57 (sedang). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, strategi pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:43
Last Modified: 20 Sep 2021 07:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11454

Actions (login required)

View Item View Item