KORELASI KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VIII MTs AHLIYAH 1 PALEMBANG

OKTARINA, PUTRI (2017) KORELASI KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VIII MTs AHLIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
13210209 - PUTRI OKTARINA [SKRIPSI].pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Korelasi Kecerdasan Verbal-Linguistik dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Ahliyah 1 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak anak didik yang belum mengoptimalkan kecerdasan verbal-linguistik mereka terutama pada saat pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini berlangsung. Hal ini bisa dilihat ketika guru menerangkan materi SKI, sebagian siswa belum mampu berbicara (bercerita) menyangkut materi SKI ketika guru memintanya menyampaikan kembali materi pelajaran. Kurangnya pengoptimalan kecerdasan verbal-linguistik yang baik dan benar terutama pada saat mata pelajaran SKI berlangsung ternyata mampu membuat minat mereka dalam mempelajari bahan ajar SKI menjadi berkurang dan berdampak pada hasil belajar mereka yang tidak maksimal. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat kecerdasan verbal-linguistik siswa di kelas VIII di MTs Ahliyah 1 Palembang?, Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Ahliyah 1 Palembang?, dan Apakah terdapat korelasi antara kecerdasan verbal-linguistik dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Ahliyah 1 Palembang? Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.A dan VIII.B dengan jumlah keseluruhan ada 52 siswa, jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus product moment yang mendasarkan pada perhitungan selisih skor (selisih ukuran kasarnya). Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: Pertama, Kecerdasan verbal-linguistik siswa di kelas VIII MTs Ahliyah 1 Palembang tergolong sedang, hal ini dibuktikan dari 52 orang responden terdapat 39 orang responden (75%) yang tergolong kategori sedang tersebut. Sedangkan yang tergolong kategori tinggi ada 8 orang responden (15,38%) dan kategori rendah ada 5 orang responden (9,61%). Kedua, Minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Ahliyah 1 Palembang tergolong sedang, hal ini dibuktikan dari 52 orang responden terdapat 38 orang responden (73,07%) yang tergolong kategori sedang tersebut. Sedangkan yang tergolong kategori tinggi ada 10 orang responden (19,23%) dan yang tergolong kategori rendah ada 4 orang Responden (7,69%). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, terbukti dari nilai rxy yang lebih besar dibandingkan rtabel baik pada taraf signifikansi 5% = 0,2732 maupun taraf signifikan 1% = 0,2306 yaitu 0,2732<0,4256>0,2306. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan verbal�linguistik dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Ahliyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:44
Last Modified: 20 Sep 2021 07:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item