PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

HANDAYANI, EKA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk elearning berbasis schoology dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang mekanik yang valid bagi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 16 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan dari model penelitian pengembangan Borg & Gall yang di adopsi dari Sugiyono. Adapun tahapan-tahapan tersebut yaitu: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan guru mata pelajaran fisika. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli media memperoleh skor 4,5 dan dikategorikan “sangat valid” dan validasi dari ahli materi memperoleh skor 4,5 dan dikategorikan “sangat valid”. Uji lapangan awal dengan subjek penelitian 6 orang siswa memperoleh skor 4,4 dengan kriteria “sangat valid” dan uji coba lapangan dengan 30 orang siswa dan 3 orang guru mata pelajaran fisika keduanya menghasilkan skor 4,3 dan dikategorikan “sangat valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis schoology dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang mekanik sudah valid digunakan oleh kelas XI IPA di SMA Negeri 16 Palembang sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:46
Last Modified: 20 Sep 2021 07:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item