KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SMP NEGERI 55 PALEMBANG

NOPITASARI, NOPITASARI (2017) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SMP NEGERI 55 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 55 Palembang. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah True-Experimental Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII tahun 2015-2016. Populasi penelitian ini terdiri dari 7 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.4. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji t dan taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing pada kategori sangat baik 39%, baik 44%, dan cukup 17%. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,1600 dan ttabel = 1,997 pada taraf signifikan 5%. Dimana nilai thitung> ttabel yaitu 3,1600>1,997 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan secara signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dan dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 55 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:46
Last Modified: 20 Sep 2021 07:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item