KEMAMPUAN GURU AL-ISLAM DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN Di SMP MUHAMMADIYAH 10 PALEMBANG

ANGGIANI, RIA (2018) KEMAMPUAN GURU AL-ISLAM DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN Di SMP MUHAMMADIYAH 10 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIA ANGGIANI, 13210218.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan judul “Kemampuan Guru Al-Islam dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Melaksanakan Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 10 Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan guru Al-Islam dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melaksanakan pembelajaran di sekolah SMP Muhammadiyah 10 Palembang. Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah banyaknya guru yang membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak singkron dengan silabus dan dalam penerapan terkadang tanpa menggunakan RPP. Rumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini ialah, 1. Bagaimana kemampuan guru Al-Islam dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ?, 2. Bagaimana kemampuan guru AlIslam dalam melaksanakan pembelajaran ?, 3. Faktor apa saja yang mempengaruhi guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melaksanakan pembelajaran di SMP Muhammadiyah 10 Palembang ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi lapangan di SMP Muhammadiyah 10 Palembang. Sedangkan pada teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa, kemampuan guru Al-Islam dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Muhammadiyah 10 Palembang terlihat cukup baik karena pada komponen ketiga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat masih banyak terdapat skor/nilai 1 dari skala penilaian 0 – 4 penilaian namun juga masih ada beberapa komponen yang memiliki skor/nilai 4 sehingga terlihat bahwa sudah cukup baik, sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran terlihat bahwa sudah baik karena pada tahap pelaksanaan pembelajaran banyak terdapatnya skor/nilai yang baik ialah skor 4 dari 0 – 4 skala penilaian yang ada. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan guru Al-Islam dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melaksanakan pembelajaran, ialah adanya kerja sama antara guru dan kepala sekolah, adanya kerja sama antar siswa dan antusias siswa tersebut dan kebersihan lingkungan pada kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:52
Last Modified: 20 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item