PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

FADILLATUL, JANNAH (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dilla Alhamdulillah Fix.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan strategi pembelajaran the power of two terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Munawariyah Palembang. Penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran the power of two dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas eksperimen setelah di beri tindakan. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode the trueexsperimental design bentuk the posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu, teknik Random Sampling (tidak sengaja), dengan jumlah populasi 120 siswa, dan jumlah sampel 56 siswa yaitu kelas VA 28 dan VC 28 orang. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik uji “t”. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Munawariyah Palembang sesudah diterapkan strategi pembelajaran the power of two tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran the power of two. Hal tersebut bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) pada kelas VC atau kelas yang tidak mendapat perlakuan yaitu 61 dengan skor motivasi kategori tinggi berjumlah 4 siswa (14,28%), kategori sedang 18 siswa (64,29%), dan kategori rendah 6 siswa (21,43%). Sedangkan nilai rata-rata (mean) kelas VA atau kelas yang mendapat perlakuan yaitu 86 dengan skor motivasi kategori tinggi berjumlah 4 siswa (14%), kategori sedang 21 siswa (75%), dan kategori rendah 3 (11%). Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran the power of two, dapat dilhat dengan meningkatnya motivasi belajar pada siswa kelas V MI Munawariyah Palembang. Maka dapat disimpulkan Ho (hipotesis nihil) di tolak dan Ha diterima, ini berarti menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari strategi the power of two terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Strategi The Power of Two, Motivasi Belajar, IPS, MI

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB1501 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:52
Last Modified: 20 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11529

Actions (login required)

View Item View Item