TARMAN, TARMAN (2016) PELAKSANAAN BIMBINGAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK DI PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (845kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Di Panti Asuhan Hidayatullah Palembang” Prilaku agresif merupakan segala bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti seseorang dan cenderung menyerang baik secara fisik maupun mental yang merugikan orang lain juga diri sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku agresif anak di panti asuhan hidayatullah palembang dan pelaksanaan bimbingan agama islam dalam mengatasi perilaku agresif anak di panti asuhan hidayatullah palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan manfaat bagi anak panti asuhan hidayatullah palembang dan pembimbing agama islam yang ada di panti asuhan hidayatullah palembang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat dengan menggunakan alat-alat pengumpulan data berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi, subjek yang diteliti adalah 5 orang yaitu 3 anak asuh dan 2 pembimbing. Sumber data yang di pergunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu yang pertama data primer terdiri dari 3 anak asuh dan 2 pembimbing, sedangkan yang kedua data sekuder seperti pengurus panti dan pembimbing. Hasil penelitian ini bentuk perilaku agresif ditunjukkan dengan bentuk perilaku agreif fisik dan agresif verbal. Untuk perilaku agresif fisik ditunjukkan dengan menggangu teman secara fisik seperti memukul, mendorong, menendang, menggertak, mencubit, merampas, berkelahi. Secara verbal yaitu mengejek, berkatakasar, memaksa, membantah, membentak dan mengolok-olok. Pelaksanaan bimbingan agama islam yang ada di panti asuhan hidayatullah palembang bahwa dalam menanamkan nilai-nilai agama islam dari keduanya pada dasarnya sama. Dengan cara pendekatan personal dan pendekatan universal yaitu pendekatan dengan cara memanggil anak yang terlalu agresif dan memberikan bimbingan serta arahan kepada anak tersebut. Pendekatan tersebut lebih efektif karena langsung berkomunikasi terhadap anak yang bersangkutan sehingga mudah menanamkan nilai keislaman. Kemudian dilaksanakan pendekatan kelompok pendekatan yang di lakukan ketika memberikan pengajaran dalam mengaji dengan memeberikan pemahaman agama Islam kepada anak asuh bahwa sangat penting untuk menanamkan nilai keislaman itu sendiri. Ketika nilai keagamaan itu telah tertanam pada diri anak, maka anak tersebut sudah dapat mempertimabngkan mana yang baik dan yang buruk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? HT ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:52 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:52 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11533 |
Actions (login required)
View Item |