PENGARUH PENERAPAN STRATEGI TEN WAYS TO REDUCE MATH ANXIETY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MAN 1 PALEMBANG

marsudi, marsudi (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI TEN WAYS TO REDUCE MATH ANXIETY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MAN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI PDF.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI PDF.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI PDF.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI PDF.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Perasaan gelisah saat belajar matematika mengakibatkan ketegangan dan kecemasan yang mengganggu dalam pemecahan masalah matematika dalam berbagai kehidupan sehari- hari maupun situasi akademik. Keadaan seperti ini dinamakan Math Phobia atau kecemasan matematika. Menurut Nugraha (2006: 2), Math Phobia adalah rasa cemas pada mata pelajaran matematika dan yang berhubungan dengannya, seperti cemas pada saat ditanya guru. Demikian juga yang terjadi di MAN 1 Palembang, berdasarkan pengamatan pada saat jam pelajaran berlangsung siswa sering mengalami kecemasan dalam menghadapi pelajaran matematika yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Cara mengatasinya dengan menggunakan strategi dari Professor Freedman yang diduga dapat mengatasi Math Phobia dengan menerapkan strategi Ten Ways To Reduce Math Anxiety. Setelah dilakukan penelitian di kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan dan kelas XI iPA 2 sebagai kelas eksperimen dapat disimpulkan berdasarkan kriteria pengujian uji- t terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar siswakelas XI IPA pada pembelajaran matematika menggunakan strategi Ten Ways To Reduce Math Anxiety dengan metode konvensional di MAN 1 Palembang, hal ini dilihat dari t hitung > t tabel yaitu 5, 23 > 1, 996. Jadi, penerapan strategi Ten Ways To Reduce Math Anxiety memberikan dampak hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan hasil belajar menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:53
Last Modified: 20 Sep 2021 07:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11545

Actions (login required)

View Item View Item