MANAJEMEN MASJID JAMI’ATUL ISLAMIYAH DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN DI JALAN LETNAN HADIN KOMPLEK PDK PALEMBANG

YULISTA, KARLINA (2016) MANAJEMEN MASJID JAMI’ATUL ISLAMIYAH DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN DI JALAN LETNAN HADIN KOMPLEK PDK PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Karlina Yulista (12290028).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah: Manajemen Masjid Dalam Mengembangkan Kegiatan Taman Pendidikan (TPA) di Jalan Letnan Hadin Komplek PDK Palembang. Latar belakang penelitian ini adalah masjid bukan sekeder tempat ibadah ritual saja, namun sebagai pusat pengembangan pendidikan dan kebudayaan Islam. Oleh karena itu, masjid harus mengembangkan unit kegiatan di lingkungannya salah satu unit kegiatan masjid yaitu kegiatan TPA. Untuk itu perlu upaya peningkatan mutu/kualitas dalam mengembangkan kegiatan TPA. Di Masjid Jami‟atul Islamiyah terlihat banyak kegiatan-kegiatan seperti pengembangan TPA yang dikelola oleh pihak manajemen masjid. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan manajemen masjid Jami‟atul Islamiyah dalam mengembangkan kegiatan TPA di Jalan Letnan Hadin komplek PDK Palembang, dan bagaimana kegiatan TPA di Masjid Jami‟atul Islamiah di Jalan Letnan Hadin PDK Palembang Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Manajemen Masjid Jami‟atul Islamiyah dalam Mengembangkan Kegiatan Taman Pendidikan Al Qur‟an (TPA) di Jalan Letnan Hadin Komplek PDK Palembang sudah baik. Adapun kegiatan dalam mengembangkan TPA dengan cara Pertama Pengelolaan Masjid dalam Mengembangkan TPA yaitu : (1) peningkatan kualitas SDM dengan pelatihan da‟i satu tahun sekali, pelatihan keterampilan mengajar, dan pelatihan tilawah satu minggu sekali. (2) peningkatan kurikulum dengan cara mengacu pada kurikulum BKPRMI. (3) keuangan dengan cara merencanakan kegiatan usaha masjid berupa koperasi. (4) administrasi dengan cara pegawainya diberi kesempatan belajar kursus yang dibiayai pihak masjid, dan menyediakan proyektor. Kedua kegiatan untuk TPA meliputi yaitu: 1) kegiatan santri: a) Kegiatan intra seperti kegiatan proses pembelajaran setiap hari senin – kamis jam 16:30 – 17:30, b) kegiatan ekstra seperti, kegiatan mewarnai, membaca puisi, membuat kaligrai, dan seni tilawah. c) kegiatan penunjang seperti, kegiatan event perlombaan hari besar Islam salah satunya lomba da‟i, lomba MTQ, dan sunatan masal. 2) Kegiatan untuk ustad/ustazah: a) merekap penilaian santri, membuat RPP, rapat kenaikan kelas, dan pembinaan ustad/ustazah. 3) kegiatan administrasi staf TU TPA: mengisi buku induk dan buku prestasi, pengarsipan, membuat laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:54
Last Modified: 20 Sep 2021 07:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11558

Actions (login required)

View Item View Item