Rahmawati, Siti Nur (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
SITI NUR RAHMAWATI (13270120).pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, mengakui, menghargai diri sendiri dan orang lain serta cara menanggapinya dengan cepat dan tepat, menerapkan informasi dan energi emosi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan hasil belajar merupakan Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Di dalam sekolah ataupun Madrasah terkadang masih banyak siswa yang sulit untuk mengendalikan emosi nya baik sesama teman maupun kepada guru yang sedang mengajar. Oleh karena itu beberapa dari siswa terkadang pada saat pembelajaran berlangsung susah untuk menangkap pembelajaran itu, yang membuat hasil belajar mereka menurun. Untuk itu penelitian ini mengambil judul : “Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.” Dari angket yang telah disebarkan di kelas V data yang diperoleh tentang kecerdasan emosiol, yang mendapat nilai tinggi sebanyak 4 siswa (13,79%), yang mendapat nilai sedang sebanyak 19 siswa (65,51%), dan siswa yang mendapat nilai rendah sebnayak 6 siswa (20,68%). Sedangkan hasil angket dari hasil belajar yang mendapat nilai tinggi sebanyak 6 siswa (20,68%), yang mendapat nilai sedang sebanyak 10 siswa (34,48%), yang mendapatkan nilai rendah sebanyak 13 siswa (44,82%). Berdasarkan tabel interpretasi di atas dapat disimpulkan bahwa hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang mempunyai nilai korelasi sebesar 0.164 berdasarkan tabel interpretasi nilai r maka nilai korelasi jika diinterpretasikan menunjukkan hubungan yang sangat rendah karena 0,164 yang terdapat pada nilai r antara 0,000 sampai dengan 0,200. Dalam nilai signifikan diperoleh angka positif, berarti menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel yaitu kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima, dan hipotesis nihil ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 08:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 08:14 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11646 |
Actions (login required)
View Item |