PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG

ELIZA, ELIZA (2017) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS ‘AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ELIZA (12210078).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Penerapan Metode Role Playing terhadap kemampuan Peserta didik dalam memahami mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. penelitian ini dilatarbelakangi karna ada sebagian peserta didik yang keluar masuk kelas, ribut, siswa kurang aktif, tidak bersemangat dalam belajar dan terlihat ada peserta didik yang merasa bingung dan tidak berkonsentrasi, serta tidak memahami pelajaran. untuk itulah peneliti ingin mengeksperimenkan metode yang aktif dan menarik yaitu metode Role Playing, dalam hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana tingkat kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran Akidah akhlak yang diterapkan metode Role Playing di MTs ‘Aisyiyah Palembang”, bagaimana kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran akidah akhlak yang tidak diterapkan metode Role Playing di MTs ‘Aisyiyah Palembang”, Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang”. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperiemental Method. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif terdiri dari data yang menunjukkan pengaruh metode Role Playing terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran akidah akhlak. Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara kepada kepala sekolah dan guru akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Adapun yang menjadi populasi adalah kelas VIII disini yang menjadi sampel kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas VIIIa sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tangket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes “t” untuk dua kelompok data dari dua kelompok sampel (tidak berpasangan). Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Role Playing mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran akidah akhlak di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Karena berdasarkan perbandingan nilai uji“t” diperoleh Karena “to “ lebih besar dari ttabel (baik pada signifikan 5% dan 1% ) 2,00 < 4,782 > 2,65. dengan demikian berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Rata-rata peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Role Playing terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran akidah akhalk di MTs ‘Aisyiyah Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:09
Last Modified: 21 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item