HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH PARADIGMA PALEMBANG

muhaimin, rachmat (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Minat belajar siswa di kelas sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh kebosanan siswa dalam mengikuti proses pembalajaran di kelas. 2) Kurangnya interaksi antara guru dan siswa sehingga pada waktu pelaksanaan pembelajaran siswa kurang aktif. 3) Keadaan kelas yang tidak kondusif. 4) Kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran fiqih di dalam kelas. 5) Kurangnya antusias belajar mengajar siswa, hal ini terbukti dalam proses belajar mengajar siswa hanya diam, mendengar, mencatat dan tidak ada perhatian terhadap apa yang dijelaskan oleh guru. 6) Adanya 10 siswa hasil belajarnya rendah di kelas pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang? Adakah hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang, Untuk mengetahui hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang, Untuk mengetahui adakah hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitaif yaitu data berkenaan dengan minat belajar siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran dengan menggunakan rumus korelasi. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru dan siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XII IPS yang berjumlah 48 siswa. Data diperoleh dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang terkategori sedang. Hal ini terbukti dengan sebagian besar skor yang diperoleh dari 23 orang yang menyatakan sedang yaitu (47,916%). Hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang termasuk dalam kategori tinggi karena angka persentasenya mencakup 50% yaitu hampir setengah responden memiliki nilai yang baik dan setelah diketahui dari analisa statistik melalui korelasi product moment disimpulkan bahwa tidak dijumpai Df sebesar 45 diperoleh “r” tabel (rt) pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,288 sedangkan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,372 ternyata ro (yaitu = 0,400) adalah jauh lebih besar dari pada rt baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian Ho ditolak, berarti ada korelasi positif yang signifikansi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa maka Ha diterima, minat tinggi hasil belajar juga tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:09
Last Modified: 21 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11686

Actions (login required)

View Item View Item