hamid, aidil (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMK N 1 SEMENDE DARAT LAUT). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TERBUKA 1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
TERBUKA 2.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
TERBUKA 3.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
TERBUKA 4.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
TERBUKA 5.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini membahas tentang manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 (studi kasus di SMK N 1 Semende Darat Laut). Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013, yang belum terlaksana dengan baik. SMK N 1 Semende Darat Laut merupakan sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun pelajaran 2015/2016 hingga sekarang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriftif kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 di SMK N 1 Semende Darat Laut?. (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 di SMK N 1 Semende Darat Laut?. (3) bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 di SMK N 1 Semende Darat Laut?. (4) apa sajakah yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 di SMK N 1 Semende Darat Laut?. Untuk menjawab permasalahan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari : (1) data reduction (reduksi data), (2) data display (penyajian data), selanjutnya (3) conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam sebelum melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 SDL yaitu membuat perencanaan pembelajaran meliputi Program Tahunan, program semester, dan RPP serta silabus. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013, sudah dianggap mampu melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 , (3) Dalam evaluasi pembelajaran guru telah melaksanakan penilaian otentik dalam pelaksanaan pembelajaran dan adanya pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai bentuk evaluasi dalam pengawasan pembelajaran. (4) Selanjutnya, yang menjadi faktor pendukung berupa semangat guru dalam menerapkan pendekatan ilmiah dan juga guru diikutsertakan dalam pelatihan-pelatihan dalam kurikulum 2013. Sedangkan, faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 berupa sarana dan prasarana yang belum memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 01:09 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 01:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11691 |
Actions (login required)
View Item |