Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Persaingan Usaha Tidak Sehat Atas Impor Bawang Putih = Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 1495 K/Pdt.Sus-KPPU/2017.

SAPUTRA, MUHAMAD AFRIZAL (2021) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Persaingan Usaha Tidak Sehat Atas Impor Bawang Putih = Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 1495 K/Pdt.Sus-KPPU/2017. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang sampai saat ini masih terus melaksanakan peningkatan terhadap pembangunan perekonomian negara. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah ialah dengan membuka diri untuk perdagangan internasional. Hal tersebut mendorong masuknya barang atau jasa dari negara lain dan membanjiri pasar dalam negeri. Pelaku usaha dalam negeri harus berhadapan dengan pelaku usaha dari berbagai negara, dalam suasana persaingan tidak sempurna.1 Dalam kegiatan ekonomi atau bisnis adanya suatu persaingan usaha antara pelaku usaha yang satu dengan yang lainnya merupakan hal yang biasa terjadi. Persaingan usaha yang sehat akan berakibat positif bagi para pengusaha yang saling bersaing karena dapat menimbulkan upaya-upaya peningkatan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk yang dihasilkan. Sebaliknya, apabila persaingan yang tidak sehat, akan dapat merusak perekonomian Negara yang merugikan masyarakat.2 Sejalan dengan hal tersebut, perilaku dan struktur pasar tidak dapat diprediksi, sehingga tidak jarang pelaku usaha menimbulkan kecurangan, pembatasan yang menyebabkan sebagian atau beberapa pelaku usaha merugi bahkan mati

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi
?? HC ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:39
Last Modified: 21 Sep 2021 02:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item