PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN (Eksperimen di Mts Nurul Iman Ujung Tanjung )

HAYATULLAH, ALDAIR ROBI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN (Eksperimen di Mts Nurul Iman Ujung Tanjung ). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di Mts Nurul Iman Desa Ujung Tanjung untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an materi Q.S. al-Kafirun sebelum tindakan dan setelah tindakan, serta perbedaan antara kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an materi Q.S. al-Kafirun (yang tidak diajar dengan model CIRC) dan kemampuan siswa membaca dan menulis Al-Qur’an Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan eksperimental yang menggunakan teknik One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.A dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian di Mts Nurul Iman Desa Ujung Tanjung. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses belajar dalam pembelajaran (CIRC) pada sub pokok bahasan Q.S. al-Kafirun. Dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model CIRC. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas sebelum diberi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sedangkan kelas setelah menggunakan model pembelajaran (CIRC). Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah rumus TSR dan tes “T” untuk dua sampel kecil yang satu sama lain saling berhubungan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa; Pertama, sebelum diterapkan model pembelajaran (CIRC) yang berjumlah 29 siswa memperoleh nilai rata-rata 60, dengan nilai yang tertinggi yaitu 100 dan nilai yang terendah yaitu 40. Hal ini terlihat hipotesis pertemuan pertama “t0” = 2,9 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % = 2,05 dan 1 % = 2,76. Kedua, setelah diterapkan model pembelajaran (CIRC) yaitu memperoleh nilai rata-rata 80, dengan nilai yang tertinggi yaitu 100 dan nilai yang terendah yaitu 40. Hal ini terlihat hipotesis pertemuan kedua “t0” = 3,03 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % = 2,05 dan 1 % = 2,76). Sedangkan pertemuan Ketiga, bagaimana hasil kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an materi Q.S. al-Kafirun sebelum dan sesudah diterapkan model CIRC. “t0” = 3,478 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % = 2,05 dan 1 % = 2,76), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan rincian 2,05 < 3,478 > 2,76 dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan model CIRC memberikan peningkatan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis Al-Qur’an di Mts Nurul Iman Desa Ujung Tanjung. Kata Kunci : Model CIRC, Membaca dan Menulis Al-Qur’

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model CIRC Membaca dan Menulis Al-Qur
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:39
Last Modified: 21 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item