PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESENTREN PUTRI AZ-ZAHRO PALEMBANG

Tiasti, Lisa Ayu (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESENTREN PUTRI AZ-ZAHRO PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Lisa.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu bangsa, pendidikan yang berkualitas akan menciptakan generasi yang berkualitas pula. Pada abad ini menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan agar siap menghadapi tentangan yang ada. Pendidikan diarahkan untuk menyiapkan siswa yang memiliki keterampilan, terutama kemampuan berpikir critical thinking atau berpikir kritis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif lerning teknik berkirim salam dan soal terhadap keterampilan critical thinking. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan sampel menggunakan teknik sampling jenuh . Data yang diperoleh pada penelitian ini didapat dari hasil kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dianalisis lebih lanjut dengan data yang dikumpulkan kemudian direkapitulasi setelah data terkumpul dari berbagai sumber maka data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif.Setelah menganalisa Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Teknik Berkirim Salam dan Soal Terhadap Keterampilan Peserta Didik di Pondok Pesentren Putri Azzahro Palembang menggunakan rumus korelasi product moment dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel yakni Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Teknik Berkirim Salam dan Soal dan Keterampilan. Hal ini ditunjukkan dengan ttabel = 2.23 dan thitung = 2.36 maka thitung > ttabel. Maka angka koefisien penentu/desterminasi sebesar 12%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Teknik terhadap Keterampilan Peserta Didik di Pondok Pesentren Putri Azzahro Palembang. Sedangkan sisanya 88% Keterampilan Peserta Didik Palembang dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:39
Last Modified: 21 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item