UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEWAJIBAN MEMBAYAR ZAKAT PERTANIAN PADI DI DESA LESUNG BATU MUDA KECAMATAN RAWAS ULU KABUPATEN MURATARA

Sandari, Meilani (2019) UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEWAJIBAN MEMBAYAR ZAKAT PERTANIAN PADI DI DESA LESUNG BATU MUDA KECAMATAN RAWAS ULU KABUPATEN MURATARA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Hukum Membayar Zakat Pertanian Padi Di Desa Lesung Batu Muda Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara. Dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat desa Lesung Batu Muda untuk membayar zakat pertanian padi, sehingga masih ada beberapa orang yang belum melaksanakan kewajibannya berzakat. Adapun permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana Pemahaman Masyarakat Desa Lesung Batu Muda Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara Terhadap Kewajiban Membayar Zakat Pertanian Padi.2. Bagaimana Upaya Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Pemahaman Kewajiban Membayar Zakat Pertanian Padi Di Desa Lesung Batu Muda Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dalam kehidupan masyakarat untuk menghimpun data khususnya masalah tentang zakat, tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah yang menekankan sumber informasinya melalui wawancara dan dokumentasi kepada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Di Desa Lesung Batu Muda maka dapat diambil kesimpulan yang pertama adalah pemahaman masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat padi ialah masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui kewajiban membayar zakat padi dikarenaan faktor pengetahuan agama, faktor pendidikan dan kurang mendapat sosialisasi. Yang kedua adalah upaya tokoh agama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat padi adalah dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dan memasukan materi zakat kedalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:31
Last Modified: 24 Sep 2021 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item