PLURALISME AGAMA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

GIA UTAMA, PUTRA (2017) PLURALISME AGAMA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRA GIA UTAMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pluralisme Agama dan Implementasinya dalam Perspektif Pendidikan Islam” penelitian ini dilatarbelakangi oleh pluralitas masyakarat Indonesia tidak saja karena keanekaragaman suku, ras, dan bahasa, tetapi juga dalam agama. Dimana keanekaragaman ini bila tidak di arahkan dengan baik oleh masing-masing individu kepada arah yang benar yaitu toleransi, maka dapat memicu konflik antar pemeluk agama tersebut. Dalam berbagai pertentangan, isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) dapat dengan cepat menyebar ke berbagai lapisan masyarakat sehinga tercipta suasana konflik yang cukup berbahaya dalam kehidupan masyarakat. Belakangan ini, agama adalah sebuah nama yang terkesan membuat gentar, menakutkan dan mencemaskan. Agama ditangan para pemeluknya belakangan ini sering tampil dengan wajah kekerasan dan seolah-olah kehilangan wajah ramahnya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak muncul konflik, intoleransi dan kekerasan atas nama agama dan keyakinan di Indonesia. Dalam konteks semacam ini menjadi sangat beralasan apabila ada pihak yang menyebut agama adalah sumber masalah dari seluruh kekacauan di dunia. Pandangan dunia keagamaan yang cenderung anarkronistik memang sangat berpotensi untuk memecah belah dan saling klaim kebenaran yang dipastikan akan berujung konflik. Memang, menyatakan agama semata-mata sebagai sumber masalah jelas tidak arif dan ahistoris, karena faktanya selama berabad-abad agama telah menopang dan memberi sumbangsi bagi jutaan manusia. Dalam penelitian pustaka ini, peneliti mencoba untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya sumber yang menjadi acuan dari penelitian religiusitas ini. Beberapa penulis buku telah banyak menulis tentang pluralisme agama, kebanyakan dari mereka adalah para ulama, tokoh-tokoh pemikir, dan juga negarawan. Tulisan mereka sangatlah kompleks dengan keadaan masyarakat Indonesia dewasa ini, mengingat banyaknya kejadian/konflik yang mengatasnamakan agama sebagai tameng, bagi sebagian masyarakat awam ketika agama dibawa sebagai titik singgung, tentu saja akan langsung menjadi percikan api dalam tumpukan jerami yang akan semakin membesar tanpa mencari tahu kebenaran dari asal usul percikan api tersebut. Berangkat dari permasalahan inilah yang harusnya menjadi topik utama bagi para tokoh pendidikan di Indonesia agar supaya mencari cara bagaimana agar paham dan pandangan ekslusif dapat berubah menjadi paham yang inklusif. Sampai sini, peneliti mencoba untuk mengimplementasikan sebuah pendidikan pluralisme ke dalam mata pelajaran wajib yang langsung bersinggungan di dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Karena hasil yang di dapatkan setelah adanya pendidikan pluralisme sebagai sebuah mata pelajaran wajib seperti matematika, akan langsung di implementasikan oleh peserta didik dalam kehidupanya sehari-hari. Beberapa sekolah yang sudah mengimplementasikan pendidikan pluralisme di antaranya adalah; Yayasan Palm Kids National Plus School Palembang, Jakarta International Multicultural School (JIMS) dan Yayasan Candradimuka Mandala Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:32
Last Modified: 24 Sep 2021 07:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item View Item