ANALISIS PENGELOLAAN OPINI PUBLIC DALAM MEMPERBAIKI CITRA LEMBAGA KEPOLISIAN (STUDI KASUS PADA DIVISI HUMAS POLDA SUMATERA SELATAN)

NINGRUM, RINY DWI PUTRI AGUSTIA (2016) ANALISIS PENGELOLAAN OPINI PUBLIC DALAM MEMPERBAIKI CITRA LEMBAGA KEPOLISIAN (STUDI KASUS PADA DIVISI HUMAS POLDA SUMATERA SELATAN). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Riny Dwi Putri A.N (Nim. 12510062) Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam fakultas dakwah dan komunikasi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai polisi. yang mempunyai tangung-jawab kepada masyarakat, polisi yang bertugas melayani masyarakat baik umum dan khusus tentu muncul statement yang kurang baik dari masyarakat terkait dengan adanya desas desus yang beredar di masyarakat bahwa ada oknum dari anggota kepolisian yang melakukan pemunggutan uang tilang yang berdampak negatif di masyarakat dan tidak sesuai dengan pasal 19 UU 28/1997 tentang besar ataupun kecil denda haruslah berdasarkan hukum yang berlaku. Polisi yang bertugas melayani masyarakat haruslah melakukan tugasnya dengan baik dan benar. Hal tersebut di perlukan untuk memperjelas kepercayaan dari masyarakat karena kepercayaan bisa didapat dari kinerja yang baik oleh oknum polisi. Profesi polisi adalah profesi mulia (nobile officum) sebagaimana profesi-profesi terhormat lainnya yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan pernyataan tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan opini public dalam memperbaiki citra lembaga kepolisian (studi kasus pada Divisi Humas Polda Sumatera Selatan)? Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan cara humas untuk megelola opini publik dalam memperbaiki Citra Polda Sumatera Selatan. Dipilihnya Polda Sumatera Selatan karena Polda Sumatera Selatan ini bersentuhan langsung terhadap masyarakat. Sebagai lembaga kepolisian yang bergerak dalam Intitusi Polda Sumatra Selatan memiliki visi dan misi yang harus dicapai Humas Polda Sumatra Selatan menyadari untuk mencapai visi dan misi dibutuhkan pengelolaan opini publik yang efektif, Maka dari itu skripsi yang dibuat oleh penulis dengan judul “Analisis Pengelolaan Opini Public Dalam Memperbaiki Citra Lembaga Kepolsian (studi kasus pada divisi humas Polda Sumatera Selatan) Ini digunakan untuk mengetahui bagaimana cara humas untuk megelola opini publik dalam memperbaiki Citra Polda Sumatera Selatan. Dalam melaksanakan kinerja yang menyangkut program kerja humas Maka jelas bahwa objek penelitiannya adalah pelaksanaan program kerja Humas Polda Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data mengunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan indikator-indikator penilaian yang ada maka, dalam penelitian ini menggunakan teori membagun reputasi menurut Syarifuddin S.Gassing dan Suryanto dalam bukunya yang berjudul Public Relations. hasil penelitian dapat disimpulkan dalam memperbaiki citra kepolisian dengan membangun kembali kepercayaan masyarakat mengingat telah terjadinya krisis kepercayaan terhadap kepolisian melalui pendekatan Analisis reputasi, Perencanaan strategis, Stakeholder relation, Memantau media, Pelatihan media, Materi komunikasi, Media relation, Government relations, dan Manajemen Isu. Kata kunci : Opini Public, Pencitraan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:52
Last Modified: 24 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11795

Actions (login required)

View Item View Item