PERANAN PEMULIHAN PSIKOSOSIAL KLIEN PENDERITA HIV/AIDS DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN MASYARAKAT (STUDI PADA LEMBAGA PADI MERAH MAS PRABUMULIH)

Oktaviani, Nenden (2017) PERANAN PEMULIHAN PSIKOSOSIAL KLIEN PENDERITA HIV/AIDS DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN MASYARAKAT (STUDI PADA LEMBAGA PADI MERAH MAS PRABUMULIH). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Nenden Oktaviani (13520025).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan sosialisasi didalam masyarakat ini menunjukan bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain namun dalam berkembangnya proses sosialisasi ini bisa berdampak positif maupun negatif bagi individu yang sedang bersosialisasi dengan individu lain, manusia sering kali salah dalam menepatkan diri didalam masyarakat ini bisa dilihat dari adanya permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri sebagai contoh permasalahan masyarakat yang timbul yakni berupa penyebaran virus HIV/AIDS oleh karena itu dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan berkenaan dengan hal tersebut diatas yakni : 1. Program-program apa saja yang dilakukan oleh Padi Merah Mas dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi klien penderita HIV/AIDS di lingkungan masyarakat ? 2. Bagaimana peranan pemulihan psikososial yang dilakukan Padi Merah Mas terhadap kemampuan bersosialisasi klien penderita HIV/AIDS di lingkungan masyarakat? 3. Bagaimana proses pemulihan psikososial yang dilakukan Padi Merah Mas terhadap klien penderita HIV/AIDS? Pendekatan ini dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian yang memberikan gambaran yang jelas tentang situasi situasi sosial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi responden utama dalam penelitian ini adalah petugas lembaga Padi Merah Mas yang berjumlah 2 orang, serta klien pendampingan di lembaga Padi Merah Mas yang berjumlah 5 orang responden. Dilihat dari Hasil Penelitian yang didapat bahwa program tersebut memiliki peranannya atau tidak kepada klien pendampingan didalam proses pelaksanaannya klien pendampingan yang belum mengikuti pemulihan cendrung tertutup dengan permasalahan yang dihadapinya begitu besar terlebih stigma dari masyarakat yang membuat klien pendampingan merasa terpuruk untuk itu diadakannya program ini sebagai wujud kepedulian agar klien merasa ada dorongan kepedulian bukan hanya dari keluarga tetapi dari orang orang-orang yang peduli terhadap mereka. Terlebih lagi pemulihan yang dilakukan lembaga sedikit banyaknya mampu merubah keadaan dari klien yang bersangkutan seperti contoh klien sudah mulai membuka diri kepada masyarakat yang baru di jumpainya dan klien bersikap terbuka serta menyadari bahwa proses sosial penting di terapkan dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:33
Last Modified: 24 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item