SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN CTKI BEKERJA KELUAR NEGERI PADA BP3TKI KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PERFORMANCE BY SIMILIAR TO IDEAL SOLUSTION (TOPSIS)

Sri, Anisa (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN CTKI BEKERJA KELUAR NEGERI PADA BP3TKI KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PERFORMANCE BY SIMILIAR TO IDEAL SOLUSTION (TOPSIS). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI ANISA (13540148).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

TKI adalah setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk bekerja diLuar Negeri dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerimaupah. Penyeleksian tenaga kerja Indonesia sangat penting dalam proses pencariantenaga kerja yang berkualitas. Penelitian ini membahas tentang penyeleksian tenaga kerja Indonesia yang dilakukan oleh BP3TKI Kota Palembang untuk mencari calon tenaga kerja Indonesia yang layak dikirim ke Luar Negeri, khusunya Goverment to Goverment. Sayangnya proses penyeleksian masih menggunakan sistem yang manual oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam memberikan penentuan kelayakan calon tenaga kerja Indonesia yang layak diterima atau tidak, dengan membuat sebuah sistem pendukung keputusan penentuan kelayakan calon tenaga kerja Indonesia ke Luar Negeri. Metode yang digunakan dalam membuat sistem pendukung keputusanini adalah metode TOPSIS dengan menggunakan 5 kriteria yaitu usia, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, nilai psikotes danmedical check up. Metode TOPSIS mempunyai prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan mempunyai jarak terjauh dari solusi ideal negatif dari sudut pandang geometris dengan menggunakan jarak Euclidean (jarak antara dua titik) untuk menentukan kedekatan relatif dari suatu alternatif. Manfaat yang diperoleh dari pembangunan sistem pendukung keputusan ini Bagi pihak BP3TKI adalah dapat membantu dalam proses penentuan kelayakan CTKI yang layak bekerja keluar negeri yang akan menjadi salah satu sistem pendukung keputusan secara cepat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
?? QA75 ??
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:34
Last Modified: 24 Sep 2021 07:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item