Identifikasi Gulma Di Lahan Pertanian Padi (Oryza sativa L.) Pasang Surut di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Dan Sumbang Sihnya Pada Pokok Bahasan Keanekarangaman Hayati Kelas X Di MA/SMA

HARYANTO, DEDI (2016) Identifikasi Gulma Di Lahan Pertanian Padi (Oryza sativa L.) Pasang Surut di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Dan Sumbang Sihnya Pada Pokok Bahasan Keanekarangaman Hayati Kelas X Di MA/SMA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEDI HARYANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gulma adalah tanaman yang tidak dikehendaki oleh para petani, karena tanaman ini tumbuhnya salah tempat dan merugikan petani di persawahan desa Pegayut kecamatan Pemulutan kabupaten Ogan Ilir. Struktur tumbuhan pengganggu ini hampir mirip dengan struktur tanaman padi disekitarnya. Hal inilah yang membuat banyak petani tertipu karena tumbuhan pengganggu biasanya ikut berkembang di antara rumpun padi. Peneliti ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang tujuannya membuat deskripsi, gambar atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Mengukur dengan meter atau tali yang ditandai, melintasi daerah studi dalam potongan-potongan meteran yang dibuat menjadi 12 plot, 4 plot bagian pinggir 4 plot lagi dibagian tengah dan 4 plot lagi di bagian pinggir, dengan luas masing-masing setiap plot 5m x 5m. Pengambilan sampel gulma dilakukan satu kali pengambilan di setiap plot. Data yang diperoleh nantinya akan di analisis secara deskriptif dan kualitatif kalau di tampilkan dalam bentuk tabulasi dan foto. Komposisi tumbuhan penggangu yang ditemukan yaitu 10 spesies tumbuhan dari 8 famili yaitu famili juncaceae dengan spesies juncus effus (L.) (mendong), famili Cyperaceae dengan spesies tumbuhan penggangu Cyperus difformis (L.) (Teki), dan scirpus grossus linne (mendong) famili Poaceace dengan spesies tumbuhan penggangu Axonopus compressus (sw.) beauv (jukut), famili Pontederiaceace dengan spesies tumbuhan pengganggu Monochoria Vaginalis (burm.F.) (eceng padi), famili Asteraceae dengan spesies tumbuhan pengganggu Mikania micrantha kunth (Merdeka), famili Mimosaceae dengan spesies tumbuhan pengganggu Mimosa Pudica L (putri malu), famili Limnocharitaceae dengan spesies tumbuhan pengganggu Limnocharis flava (L.) (Genjer), famili Onagraceae dengan spesie tumbuhan pengganggu Ludwigia octovalvis (Jacq) Raven (Cecabean). Gulma yang paling mengganggu menurut masyarakat Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan ilir yaitu gulma dari spesies Cyperus difformis (L.) (Teki), dan scirpus Grossus linne (mendong). Herbarium Tumbuhan Pengganggu dalam bentuk awetan kering digunakan sebagai Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:22
Last Modified: 27 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item