PRESTASI BELAJAR SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 3 PALEMBANG

NURBAITI, SITI (2012) PRESTASI BELAJAR SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SITI NURBAITI 12210236.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang terencana dalam proses mendidik, membimbing, mengarahkan dan mengembangkan manusia agar memiliki pengetahuan, pribadi yang santun dan skill yang kreatif. Dalam prosesnya pendidikan di sekolah bertujuan untuk mencapai prestasi belajar pada siswanya. Oleh karena itu, pretasi belajar siswa harus dimaksimalkan dalam pencapaiannya. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan hafalan Al-Qur‟an siswa MAN 3 Palembang, apa saja prestasi belajar siswa penghafal Al�Qur‟an di MAN 3 Palembang dan apa saja faktor penghambat dan pendukung siswa penghafal Al-Qur‟an dalam meningkatkan prestasi belajar. Jenis penelitian dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tetang apa yang di alami oleh subjek penelitian, dengan peneliti hanya menggambarkan kejadian pada lokasi penelitian dengan mengunakan alat pengumpulan data yang di deskripsikan dengan kata-kata. Sumber data dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung oleh peneliti dari sumber pertama, sedangkan sumber data sekunder ialah sumber data yang diperoleh atau dikumpulkan peneliti dari pihak sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah analisi data kualitatif yatu dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: Pertama, keadaan hafalan Al-Qur‟an siswa MAN 3 Palembang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat banyaknya siswa MAN 3 Palembang yang mampu menghafal rata-rata 3 juz bahkan ada yang 5-7 juz. Metode yang digunakannya ialah dengan setoran hafalan kepada guru tahfidzh atau tutor sebaya, muroja’ah, kajian atau sosialisasi, dan evaluasi. Kedua, prestasi belajar siswa penghafal Al-Qur‟an di MAN 3 Palembang meliputi prestasi belajar siswa aspek kognitif yang terkategori baik, dengan angka kredit dan deskripsi baik yang mencapai nilai rata-rata 84. Prestasi belajar siswa aspek afektif juga terkategori baik, ditunjukkan dengan baiknya akhlak siswa yang memiliki sifat sopan, santun, ramah, disiplin, patuh, bertanggung jawab, taat, hormat dan saling menghargai. Prestasi belajar siswa penghafal Al-Qur‟an aspek psikomotorik juga terkategori baik, dengan angka kredit dan deskripsi baik yaitu mencapai nilai rata-rata 85, serta adanya berbagai prestasi non akademik siswa. Ketiga, Faktor pendukung siswa penghafal Al-Qur‟an dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 meliputi; faktor keluarga, kesehatan, psikologis, intelegensi, usia, lingkugan, reward dan manajemen waktu. Faktor penghambatnya meliputi; latar belakang siswa, rasa malas, tidak sabar dan mudah putus asa, tidak bisa mengatur waktu, sering lupa, dan kurangnya kesadaran siswa. Solusi yang dapat dilakukan yakni dengan membangkitkan semangat dan memotivasi siswa, mengatur strategi manjemen waktu, dan mengingat pesan dan nasehat dari guru maupun orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:22
Last Modified: 27 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item