HUBUNGAN KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 1 PEMULUTAN BARAT KABUPATEN OGAN ILIR

HIDAYATULLOH, HIDAYATULLOH (2018) HUBUNGAN KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 1 PEMULUTAN BARAT KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab I skripsi Hidayatulllah.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Hidayat.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Hidayat.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Secara spesifik penelitian ini berjudul “Hubungan Keteladanan Guru Agama dengan Akhlak Siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir”. Penelitian ini dilakukan dikarenakan keingintahuan penulis mengenai “Hubungan Keteladanan Guru Agama dengan Akhlak Siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir”. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana keteladanan guru agama di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, Bagaimana keadaan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan ilir, dan Bagaimana hubungan antara keteladanan guru dengan akhlak siswa di Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang akan menjawab hubungan keteladanan guru agama terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kaabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 600 siswa. Dari 600 siswa tersebut penulis menggunakan sampelnya sebanyak 10% dari seluruh siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling. Stratified Random Sampling adalah cara pengambilan sampel dengan memperhatikan strata (tingkatan) di dalam populasi. Dalam Stratified data sebelumnya dikelompokkan dalam tingkatan-tingkatan tertentu, seperti tingkatan tinggi, rendah, sedang, jenjang pendidikan kemudian sampel diambil dari tiap tingkatan tersebut karena unsur populasi berkarakteristik heterogen dan heterogenitas tersebut mempunyai arti yang signifikan pada pencapaian tujuan penelitian, maka peneliti dapat mengambil sampel dengan cara ini. Adapun hasil penelitian sebagai berikut, berdasarkan angket yang disebarkan siswa mengenai keteladanan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir yang hasilnya adalah tergolong tinggi sebanyak 15 orang dengan persentase 25%, tergolong sedang sebanyak 31 orang dengan persentase 51,67 % dan siswa yang tergolong rendah sebanyak 14 orang dengan persentase 23,33%. Akhlak siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir yang tergolong tinggi sebanyak 18 orang dengan persentase 30 %, tergolong sedang sebanyak 25 orang dengan persentase 41,67 % dan siswa yang tergolong rendah sebanyak 17 orang dengan persentase 28,33 %, dan Terdapat hubungan positif antara keteladanan guru agama dengan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Sehingga apabila keteladanan guru agama itu tinggi maka akhlak siswa menjadi tinggi pula. Sebaliknya, apabila keteladanan guru agama rendah maka akan membuat akhlak siswa menjadi rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:24
Last Modified: 27 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11918

Actions (login required)

View Item View Item