KEANEKARAGAMAN SERANGGA TANAH PADA KEBUN DUKU (Lansium domesticum Corr.) DI KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OKU SELATAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA/MA

Nawar, Muhammad Abu (2019) KEANEKARAGAMAN SERANGGA TANAH PADA KEBUN DUKU (Lansium domesticum Corr.) DI KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OKU SELATAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peranan Serangga Tanah sangatlah penting di dalam ekosistem, yakni sebagai salah satu indikator keseimbangan ekosistem dan sebagai pengurai bahan organik. Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari – maret 2019 pada kebun duku (Lansium domesticum Corr.) di Kelurahan Kisau Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan dengan menggunakan perangkap pifall trap, yellow trap dan glue trap. Adapun serangga tanah yang telah ditemukan dari hasil ketiga perangkap serangga tersebut adalah 15 spesies yang terdiri dari 5 ordo dan 10 familia dengan dilakukan pengukuran suhu 30oC, pH sedikit asam 6,8 dan kelembaban yang tinggi yaitu 76%. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa FR dan KR dari ketiga perangkap didominasi oleh ordo Hymenoptera yaitu rata-rata 20%, sedangkan FR dan KR terendah terlihat pada kelompok kecuak, lalat dan kumbang yaitu rata-rata 2%. Perhitungan nilai indeks Shanon-Weiner (H‟), serangga tanah yang ditemukan melalui ketiga perangkap tersebut digolongkan ke dalam kategori keanekaragaman sedang, karena nilai perhitungan (H‟) >1 dan <3. Nilai indeks kemerataan jenis (E) dari ketiga perangkap tersebut tergolong kategori penyebaran yang merata, karena hasil perhitungan nilai (E) mendekati angka 1. Sedangkan dari perhitungan nilai indeks dominansi Simpson (C), nilai C dari ketiga trap tersebut terhitung <0,50, yang menunjukkan bahwa nilai indeks dominansinya rendah dengan indeks similaritas (IS) yang sedang, terhitung 56%. Kata Kunci : Keanekaragaman, Serangga Tanah, Kecamatan Muaradua, pitfall trap, yellow trap dan glue trap.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:24
Last Modified: 27 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11919

Actions (login required)

View Item View Item