PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PRABUMULIH

YOLANDA, RATRI (2014) PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PRABUMULIH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALL FILE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Paragraf pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala siswa dalam menulis karangan secara baik berdasarkan Subyek, Prediket, Obyek, Keterangan, cerita yang kurang terarah dalam karangan, serta kurangnya latihan menulis paragraf oleh siswa. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui keterampilan menulis paragraf dengan menggunakan model Concept Sentence pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih, 2) Untuk mengetahui keterampilan menulis paragraf dengan tidak menggunakan model Concept Sentence pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan menulis paragraf menggunakan model Concept Sentence pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih? Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True�Experimental Design dengan bentuk posttest-only control design. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas IV.A yang berjumlah 26 siswa dan kelas IV.C yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini adalah: 1) Keterampilan menulis paragraf dengan menggunakan model Concept Sentence tergolong tinggi,hal tersebut dapat dilihat dari siswa dengan kategori nilai tinggi sebanyak 12 siswa atau 48%, nilai sedang 7 siswa atau 28%, dan 6 siswa atau 24% yang mendapat nilai rendah. Sedangkan keterampilan menulis paragraf deskripsi sisw kelas IV.A 2) keterampilan yang menggunakan model Concept Sentence tergolong rendah, dapat dilihat dari 11% atau 3 siswa yang mendapat nilai tinggi, sebanyak 69% atau 18 siswa mendapat nilai sedang, dan 20% atau 5 siswa lainnya mendapat nilai rendah. Dari hasil uji t yang lebih besar dibandingkan ttable pada taraf 5% dan taraf 1% yaitu 2,01 <3,14> 2,46. 3) Terdapat pengaruh keterampilan menulis paragraf menggunakan model Concept Sentence pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:25
Last Modified: 27 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item