PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MI AL-ADLI PALEMBANG

Mardiyah, Hamim (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MI AL-ADLI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I HAMIM.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II HAMIM.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III HAMIM.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HAMIM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap siswa yang telah melakukan proses belajar, maka pertanda apabila seseorang telah belajar berarti terjadi perubahan pada dirinya baik dari aspek pegetahuan, keterampilan dan juga sikap. Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran didukung oleh model pembelajaran diantaranya model Make a Match, model pembelajaran ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Make a Match (Mencari Pasangan) pada mata pelajaran Akidah Akhlak kela V di MI Al-Adli Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Make a Match (Mencari Pasangan) dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Make a Match (Mencari Pasangan) pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Al-Adli Palembang, dan (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match (Mencari Pasangan) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI AlAdli Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V di MI Al-Adli Palembang. Sampelnya adalah siswa kelas V.a untuk kelas kontrol dan kelas V.b untuk kelas eksperimen di MI Al-Adli Palembang dengan menggunakan Purposive Sampling (pertimbangan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus TSR dan uji tes “t”. Hasil belajar siswa kelas V di MI Al-Adli Palembang pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum menggunakan model Make a Match tergolong tinggi (baik) sebanyak 7 orang siswa (21,875%), tergolong sedang sebanyak 17 orang siswa (53,125%), dan yang tergolong rendah sebanyak 8 orang siswa (25%). Sedangkan hasil belajar siswa sesudah menngunakan model Make a Match tergolong tinggi (baik) sebanyak 4 orang siswa (12,5%), tergolong sedang sebanyak 24 orang siswa (75%) dan yang tergolong rendah sebanyak 4 orang siswa (12,5%). Pengaruh model Make a Match (Mencari Pasangan) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Al-Adli palembang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t” jika ttabel < thitung> ttabel atau 2,03< 5,33 > 2,74 dengan demikian dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model Make a Match pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Al-Adli Palembang. Kata kunci : Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:25
Last Modified: 27 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11939

Actions (login required)

View Item View Item