PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG

UTAMI, DESI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DESI UTAMI 14210040.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan Model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Perumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas VII sebelum penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER di MTs Paradigma Palembang? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas VII setelah penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER di MTs Paradigma Palembang? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Paradigma Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VII sebelum menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER di MTs Paradigma Palembang. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER di kelas VII MTs Paradigma Palembang. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Paradigma Palembang. Pola penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain Pre Experimental Design tipe One Group Pretest - Posttest Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER (x) dan variabel terikatnya adalah aktivitas belajar siswa (y). Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Pertama, aktivitas belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER tergolong sedang karena dari 25 siswa terdapat 10 siswa (40 %) tinggi, 14 siswa (56 %) sedang dan 1 siswa (4 %) rendah. Kedua, aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER tergolong tinggi karena dari 25 siswa terdapat 14 siswa (56 %) tinggi, 7 siswa (28 %) sedang dan 4 siswa (16 %) rendah. Ketiga, pengaruh penerapan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Paradigma Palembang. Hal ini dilihat dari analisis data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus uji-t yaitu thitung = 8,24 > ttabel = 2,064 (5%). Maka hasilnya adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:25
Last Modified: 27 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11940

Actions (login required)

View Item View Item