EKAWATI, TIWI (2017) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TIWI EKAWATI (12210251).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti di MTs Aulia Cendekia Palembang dengan judul pengaruh kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran. Peneliti memilih judul tersebut karena ada beberapa guru yang kurang profesional dalam melakukan proses pembelajaran sehingga efektivitas pembelajaran pun tidak terlaksana dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana kompetensi profesional guru di MTs Aulia Cendekia Palembang? bagaimana efektivitas pembelajaran di MTs Aulia Cendekia Palembang? apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru di MTs Aulia Cendekia Palembang, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran di MTs Aulia Cendekia Palembang, dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran di MTs Aulia Cendekia Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini yakni jenis data kuantitaif yaitu data yang berkenaan dengan kompetensi profesional guru dan efektivitas pembelajaran. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs Aulia Cendekia Palembang. Sedangkan sumber data sekunder adalah siswa, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru MTs Aulia Cendekia Palembang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah seluruh guru MTs Aulia Cendekia Palembang karena penelitian ini merupakan populasi. Data diperoleh dengan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase, serta Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: pertama, kompetensi profesional guru di MTs Aulia Cendekia Palembang dikategorikan sedang atau baik karena dari 45 responden terdapat 25 responden atau sebesar (47%) yang mendapat skor pada kategori sedang. Kedua, efektivitas pembelajaran di MTs Aulia Cendekia Palembang dikategorikan sedang atau baik karena dari 45 responden terdapat 30 responden atau sebesar (60%) yang mendapat skor pada kategori sedang. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran di MTs Aulia Cendekia Palembang. Hal tersebut berdasarkan hasil analisa statistik menyatakan bahwa perbandingan nilai “r” yang terdapat pada rhitung (0,957) adalah lebih besar dari pada rtabel, baik pada taraf signifikasnsi 1% = 0,389 maupun taraf signifikansi 5% = 0,301. Dengan perbandingan 0,389 < 0,957 > 0,301.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 02:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 02:38 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1195 |
Actions (login required)
View Item |