MUAMANAH, HIDAYATUL (2017) PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Hidayatul Muamanah 13210112.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul pelaksanaan penilaian portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 5 Palembang. Dengan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pemahaman guru tentang penilaian portofolio mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Palembang dan 2). Bagaimana pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Palembang dan 3). Hambatanhambtan dalam pelasanaan penilaian portofolio guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X, waka kurikulum, dan siswa kelas X. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi, dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman penilaiana portofolio menurut pendidik di SMA Negeri 5 Palembang untuk mengetahui apakah penilaian portofolio telah dilaksanakan di SMA Negeri 5 Palembang dan untuk mengetahui bgaimana problematika atau hambatan dalam pelaksanaan penilaian portofolio pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru mengenai penilaian portofolio sudah cukup baik dalam teori namun perlu ada peningkatan lagi. Pelaksanaan penilaian portofolio di SMA Negeri 5 dilakukan dengan 3 indikator yakni penilaian formatif dan sumatif, penilaian tugas-tugas terstruktur dan jurnal siswa. Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan penilaian portofolio, seperti kendala waktu, tidak terdapatnya tempat penyimpanan portofolio, dan masih rendahnya kompetensi guru terutama pada penilaian portofolio. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penilaian portofolio di SMA Negeri 5 Palembang belum berjalan dengan maksimal. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Palembang tentang penilaian portofolio. Guru cenderung menggunakan model penilaian yang lama. Berdasarkan hasil penelitian makan disarankan agar guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan pelaksanakan penilaian portofolio dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:25 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:25 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11951 |
Actions (login required)
View Item |