PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

KURNIATI, KURNIATI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ALHAMDULILLAH BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang maksimalnya penggunaan model pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Munawariyah Palembang? (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kepala bernomor struktur dan motivasi belajar siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran kepala bernomor struktur pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Munawariyah Palembang ? (3) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Munawariyah Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran koperatif tipe kepala bernomor struktur terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Munawariyah Palembang. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian true experimental design dan desain penelitian ini adalah posttest control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengunakan angket,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Setelah melakukan perhitungan dan analisis data, df atau db = (N1+N2-2)= 44+44-2= 86 (konsultasi tabel nilai “t”). Ternyata dalam tabel tidak ditemui df sebesar 86, karena itu dipergunakan df yang terdekat yaitu 90, dengan df 90 diperoleh ttabel 5%= 1,99 dan 1%=2,63. Karena to telah diperoleh sebesar 10,02 sedangkan tt = 1,99 dan 2,63 maka to adalah lebih besar dari pada tt , baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% dengan rincian: 1,99 < 10,02 > 2,63. Dengan demikian Hipotesis Nihil dinyatakan ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MI Munawariyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:28
Last Modified: 27 Sep 2021 04:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item