PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG

Rizkiah, Rizkiah (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIZKIAH 14270109.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA kelas IV disebabkan metode yang sering digunakan yaitu metode konvensional sehingga menyebabkan nilai IPA siswa tersebut menjadi di bawah KKM. Melalui metode eksperimen ini diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami materi ajar yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya mata pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakan hasil belajar siswa yang menerapkan metode eksperimen; 2) bagaimanakah hasil belajar siswa yang tidak menerapkan metode eksperimen; 3) apakah terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV MI Daarul Aitam Palembang. Desain penelitian yang digunakan Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas IV B MI Daarul Aitam Palembang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C MI Daarul Aitam Palembang sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan penelitian hasil temuan menyatakan berikut. (1) Hasil belajar siswa yang menerapkan metode eksperimen adalah sebesar 85,3% yang menunjukkan bahwa rata-rata post test pada kelas eksperimen telah mencapai KKM. (2) Hasil belajar siswa yang tidak menerapkan metode eksperimen yaitu 49,6% yang menunjukkan bahwa rata-rata post test tersebut masih belum mencapai standar ketuntasan minimal (KKM). (3) Terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen berdasarkan hasil perhitungan uji “ ” yang hasilnya sebesar 10,92. Dengan df sebesar 58 diperoleh dari lebih besar dari pada t (baik pada taraf signifikan 5% dan 1%, 2,01 < 10,92 > 2,68. Dengan demikian, berarti hipotesis alternatif ( ) yang berbunyi: “ pengaruh penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:28
Last Modified: 27 Sep 2021 04:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item