PENANAMAN NILAI-NILAI KEBERSIHAN (STUDI KASUS PENGELOLAAN SAMPAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN)

Yosanza, Arya Bayu (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI KEBERSIHAN (STUDI KASUS PENGELOLAAN SAMPAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini: Bagaimana kebersihan di lingkungan SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin? Bagaimana pengelolaan sampah di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin? Bagaimana penanaman nilai-nilai kebersihan di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebersihan di lingkungan SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin, untuk mengungkap pengelolaan sampah di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin, dan untuk mengungkap penanaman nilai-nilai kebersihan di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini bersifat non-hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis namun digambarkan dengan uraian kata-kata sesuai dengan peristiwa yang diteliti untuk memperoleh kesimpulan. Teknik yang penulis gunakan untuk pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian data primer yakni data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data sekunder yakni data yang diperoleh dari sumber-sumber yang ada seperti dari perpustakaan atau dari hasil-hasil penelitian terdahulu, buku-buku ilmiah, jurnal, dokumen, peraturan-peraturan yang tertulis, arsip-arsip yang ada hubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan bahwa kebersihan lingkungan SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin berkategori bersih dan sehat. Kondisi ini merupakan realisasi dari pembinaan program “Sekolah Bersih dan Sehat” serta para siswa tanggap akan keadaan lingkungan. Pengelolaan sampah di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin telah terlaksana dengan baik melalui Bank Sampah sekolah yang dikelola oleh pengurus Osis dengan penanggung jawab Pembina Osis. Selain itu, pada setiap seminggu sekali secara berjamaah personil sekolah melaksanakan kegiatan Jumat bersih. Pada setiap hari Sabtu menjelang waktu pulang sekolah, wakil urusan kesiswaan dengan 2 orang guru yang bukan wali kelas melakukan penilaian kelas terbersih dan terkotor yang hasilnya dijumlahkan dari hari Senin sampai hari Sabtu, kemudian pada hari Senin dilakukan pengumuman kelas terbersih dan kelas terkotor. Pada kelas terbersih diberikan hadiah seperti sapu dan alat untuk mengepel, sedangkan kelas yang terkotor dikenakan denda sebesar Rp. 50.000,- yang dana tersebut dimanfaatkan untuk membeli hadiah yang akan diberikan kepada kelas terbersih.Penanaman nilai-nilai kebersihan di SMK Negeri 1 Lais menjadikan: dalam diri siswa tertanam sikap peduli akan kebersihan lingkungan, dalam diri siswa muncul muncul perasaan bahwa sampah itu bermanfaat bagi diri individu, dalam diri siswa timbul kesadaran akan nilai ekonomis dari sampah, sehingga satu sampah yang didapati memiliki harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:28
Last Modified: 27 Sep 2021 04:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11973

Actions (login required)

View Item View Item