SHAFRIANTO, ABDHILLAH (2016) AKTIVASI KEMANDIRIAN SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII-A1 PUTRA SMP-IT RAUDHATUL ULUM SAKATIGA. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
1. Halaman Awal - Abstrak.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
2. Bab I - Referensi.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
3. Lampiran - Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini berjudul “AKTIVASI KEMANDIRIAN SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII-A1 PUTRA SMP-IT RAUDHATUL ULUM SAKATIGA”, dengan alasan kemandirian siswa dikelas masih rendah sehingga model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang digunakan oleh guru PAI bertujuan dapat menumbuhkan kemandirian (emosi, intelektual dan sosial) di kelas VIII-A1 Putra SMP-IT Raudhatul Ulum Sakatiga. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII-A1. Kedua, untuk mendeskripsikan kemandirian siswa di dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII-A1 dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Ketiga, untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat kemandirian siswa kelas VIII-A1. Metode penelitian ditinjau dari tempat merupakan penelitian lapangan, untuk jenisnya penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan pada teknik pengumpulan data menggunakan: Pertama, observasi dengan menggunakan observasi partisipasi yang bersifat pasif, observasi dengan cara mengamati langsung model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dilakukan guru PAI dan kemandirian siswa di kelas. Kedua, wawancara dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur kepada guru PAI dan siswa kelas VIII-A1 yang dijadikan informan dalam penelitian. Ketiga, dokumentasi digunakan untuk menuliskan apa yang benar-benar terjadi dilapangan dan mengabadikan proses kegiatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dilakukan guru PAI dan kemandirian siswa. Keempat, triangulasi digunakan sebagai pembanding antara data observasi terhadap data wawancara dan data dokumentasi yang berkaitan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, pada pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII-A1 adalah sangat baik dengan digunakannya model pembelajaran tersebut, selain itu siswa dan guru terlibat aktif di dalam proses pembelajaran. Kedua, untuk kemandirian siswa berupa kemandirian emosi, intelektual dan sosial siswa di kelas VIII-A1 sangat baik, dikarenakan siswa merasa senang dengan model pembelajaran dan temantemannya, siswa juga mengerti dengan materi pembelajaran dan interaksi sosial juga terjalin dengan sangat baik. Ketiga, adapun faktor yang menjadi pendukung kemandirian siswa di kelas VIII-A1 berupa penghargaan, pujian, motivasi dan kontribusi anggota. Kemudian adalah pemberian informasi, arahan materi yang baik dan keakraban antara guru dengan siswa. Selanjutnya persiapan materi pembelajaran oleh guru dengan baik, pengelompokan siswa yang bersifat heterogen dan rasa empati terhadap sesama. Untuk faktor yang menjadi penghambat kemandirian berupa tidak adanya reward, pujian, motivasi dan kontribusi anggota. Kemudian tidak adanya pemberian informasi, arahan materi yang baik dan kurangnya keakraban antara guru dengan siswa. Selanjutnya adalah Kurangnya persiapan, perencanaan materi pembelajaran dengan pengelompokkan yang tidak bersifat heterogen kurangnya rasa empati terhadap sesama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:28 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:28 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11978 |
Actions (login required)
View Item |