PELAKSANAAN LAYANANBIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Adamsyah, Muhammad (2019) PELAKSANAAN LAYANANBIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
M. ADAMSYAH (14290060) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG (MPI~1.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam menanggulangi kenakalan remaja dapat dikatakan sebagai salah satu program yang sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan. Sebab program ini merupakan salah satu faktor penunjang dalam menentukan keberhasilan pengentasan permasalahan siswa di sekolah. Dengan adanya program layanan bimbingan konseling ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menangani dan menyelesaikan permasalahannya dengan jalan yang kondusif, dan sesuai dengan aturan sekolah. Sehingga siswa dapat belajar berfikir kritis dalam menangani permasalahannya. Penelitian ini berjudul pelaksanaan layanan bimbingan konseling individu di SMP Negeri 15 Palembang. Rumusan Masalah, adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam menanggulamgi kenakalan remaja individu di SMP Negeri 15 Palembang dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMP Negeri 15 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMP Negeri 15 Palembang dan Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan program layanan bimbingan konseling dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMP Negeri 15 Palembang.Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator guru BK, guru BK, waka kesiswaan, guru mata pelajaran dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsif kualitatif dengan model Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pelaksanan layanan bimbingan konseling di SMP Negeri 15 Palembang sudah berjalan dengan baik karena hal ini dilihat dari segi waktu pelaksanaannya yang dilakukan saat siswa mengalami permasalahan langsung ada tindak lanjut dari guru BK, teknik yang digunkan sesuai dengan kebutuhan siswa mengingat bahwa setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang bebeda-beda sehingga penangannya pun berbeda, fasilitas yang diperlukan sudah memenuhi kebutuhan pelaksanan layanan bimbingan konseling, serta guru BK yang sudah memiliki sertifikasi dan sesuai dengan kualifikasi pendidikan BK. Kemudian terdapat 2 faktor dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Di mana faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling di SMP Negeri 15 Palembang ini adalah, adanya dukungan penuh dari kepala sekolah, guru BK yang sudah memiliki pengalaman, sertifikasi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jurusan BK, kerja sama yang baik antara pihak waka kesiswaan dengan guru BK. Faktor penghambat dalam pelaksanan layanan bimbingan konseling dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMP Negeri 15 Palembang ini adalah kurangnya tenaga kerja BK, prasarana yang belum mencukupi, dan kurangnya koordinasi yang baik antara guru BK dengan wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:29
Last Modified: 27 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item