PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN SISWA KELAS II MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

Lara, Isa (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN SISWA KELAS II MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I ISA.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Huruf Al-Qur’an Siswa kelas II MI Ma’had Islamy Palembang, berdasarakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilaksanakan oleh peneliti bahwa Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Al-Qur’an ini sudah berjalan dengan baik walaupun terdapat kendala pada penerapannya. Adapun rumusan masalah peneliti ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis Al Qur’an pada siswa kelas II MI Ma’had Islamy Palembang? (2) Apa kendala guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis Al Qur’an pada siswa kelas II MI Ma’had Islamy Palembang? (3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis Al Qur’an pada siswa kelas II MI Ma’had Islamy Palembang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Milles and Huberman yaitu, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan data. Berdasarkan observasi dan wawancara mendalam diperoleh data bahwa (1) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis huruf Al-Qur’an siswa kelas II MI Ma’had Islamy Palembang, peran guru meliputi proses pembiasaan, pengulangan, penerapan. (2) kedala guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis huruf Al-Qur’an, keterbatasan waktu, kurangnya media pembelajaran. (3) faktor penghambat yaitu, banyak siswa yang malas, tidak fokus saat pembelajaran berlangsung, dan lingkungan. Kata kunci: Peran Guru, Kesulitan Membaca dan Menulis Al-Qur’an, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Kesulitan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Pendidikan Agama Islam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:29
Last Modified: 27 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item