PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASSALAFIYAH SUNGAI PINANG OGAN ILIR

AULIYATI, INTAN (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASSALAFIYAH SUNGAI PINANG OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB satu.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Strategi Active knowledge Sharing terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Sungai Pinang Ogan Ilir. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan Strategi untuk menyajikan materi-materi pengajaran. Strategi Active Knowledge Sharing dapat diartikan sebagai strategi belajar aktif yang mendorong siswa aktif berbagi informasi dan pengetahuan kepada teman yang tidak bisa menyelesaikan soalnya dan sesi akhirnya guru menyampaikan topik-topik yang penting dari hasil pengerjaan siswa dalam berbagi pengetahuan pada mata pelajaran tersebut. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan strategi Active Knowledge Sharing pada Mata Pelajaran SKI kelas V di MI Assalafiyah Sungai Pinang. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian eksperimen design one grup yaitu dengan mengadakan pre-test dan post-test jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan data kualitatif sumber data yang diperoleh yaitu data primer dari siswa,guru dan Kepala Madrasah dan data sekunder bersifat penunjang dalam penelitian ini. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI pada kelas V yang berjumlah 15 orang siswa tergolong baik. Hasil belajar siswa pada post-test mengalami peningkatan skor mean jika dibandingkan dengan pre-test yaitu 62 meningkat menjadi 79 pada post-test. Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa digunakan rumus uji ‘t’ dan diperoleh sebesar 11,2 . Perhitungan dengan membandingkan baik dalam taraf 1% maupun dalam taraf signifikan 5% dengan perincian 2,14<11,2>2,98. Dapat disimpulkan penerapan strategi Active Knowledge Sharing Pada kelas V terrdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Sungai Pinang Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:30
Last Modified: 27 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11991

Actions (login required)

View Item View Item