IDENTIFIKASI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD PATRA MANDIRI 2 PLAJU

PONIARA, PONIARA (2017) IDENTIFIKASI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD PATRA MANDIRI 2 PLAJU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
poniara (13270088) keseluruhan skripsi ku.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Identifikasi Hambatan Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sd Patra Mandiri 2 Plaju. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah (1) Apa saja hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Patra Mandiri 2 Plaju, (2) Apa saja penyebab hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik SD Patra Mandiri 2 Plaju, (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Patra Mandiri 2 Plaju. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas (kelas I, II, III, IV, V, dan VI) yang mengajar di kelas pada tahun ajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan menjadi evaluasi bagi guru untuk menghindari hambatan pada pelaksanaan pembelajaran. Adapun hasil penilian menunjukkan bahwa : (1) hambatan guru, hambatan guru pada perencanaan, yaitu pada indikator dan waktu, pada pelaksanaan, yaitu pada alokasi waktu dan keaktifan siswa, pada evaluasi, yaitu pada persiapan penilaian dan kurangnya waktu unruk menilai. (2) penyebab hambatan, penyebab hambatan guru pada perencanaan yaitu banyaknya materi yang terkait pada mata pelajaran dan penyebab kedua, yaitu waktu sangatlah sedikit, penyebab hambatan guru pada pelaksanaan, yaitu materi terlalu banyak sehingga waktu yang telah ditentukan sering kurang dan penyebab kedua, yaitu karena setiap anak itu mempunyai keterbatasan masing-masing, ada anak yang cepat tangkap dan anak yang lambat tangkap, penyebab hamabatan guru pada evaluasi, yaitu guru belum memahami keseluruhan materi yang diajarkan, karena itu guru kesulitan dalam, menentukan penilaian dalam 3 ranah (kognitif, afektif dan psikomotorik) dan penyebab kedua, yaitu karena banyaknya siswa dalam satu kelas yang harus dinilai. (3) upaya guru terhadap hambatan, upaya hambatan pada perencanaan, yaitu guru mengambil garis besar judul pada materi yang diajarkan dan upaya kedua, yaitu guru membuat RPP 6 kali pertemuan dalam 1 RPP dan memanfaatkan waktu libur untuk membuat RPP, upaya hambatan pada pelaksanaan, yaitu guru menjelaskan materi dengan sesingkat mungkin dan menyuruh siswa mengerjakan di rumah dan upaya kedua, yaitu perhatian khusus pada siswa, diberi pertanyaan dan memberikan tugas di rumah kepada siswa yang tidak aktif, upaya hambatan pada evaluasi, yaitu guru harus lebih mengerti dan paham pada materi yang disampaikan dan guru juga harus mengetahui tingkatan pengetahuan siswanya dan upaya kedua, yaitu pada saat penilaian guru harus lebih cermat dalam melihat siswa-siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:30
Last Modified: 27 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item