HUBUNGAN ANTARA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASAINDONESIA KELAS V MI AL-ADLI PALEMBANG

LATIFAH, ALFI (2018) HUBUNGAN ANTARA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASAINDONESIA KELAS V MI AL-ADLI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALFI LATHIFAH FULL FIX PDF.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rancangan pembelajaran mata pelajaran per unit yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan RPP inilah seorang guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran secara terprogram. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VA MI Al-Adli Palembang? bagaimanakah pelaksanaan rencana pembelajaran yang telah dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VA MI Al-Adli Palembang ? bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VA MI Al-Adli Palembang? bagaimanakah hubungan antara rencana pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VA MI Al-Adli Palembang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penilitian deskriptif. Dengan populasi kelas V dan sampelnya kelas VA sampel berjumlah 32 siswa diambil berdasarkan pemilihan sampel yaitu Purvose Sampling. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran guru bahasa Indonesia di kelas VA MI Al-Adli Palembang yang telah disusun oleh guru masih terdapat komponen yang belum dicantumkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sedangkan pelaksanaan pembelajaran guru bahasa Indonesia di kelas VA MI Al-Adli Palembang sudah berkualifikasi baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kriteria-kriteria yang menjadi penilaian dalam pelaksanaan rencana pembelajaran yang sudah terpenuhi serta guru sudah mampu mengimplementasikan dan mengembangkan hal-hal pokok yang tercantum dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga terlihat baik terlihat dari tingginya ketuntasan belajar siswa. Antara rencana pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar memiliki hubungan yang signifikan hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang semakin membaik setelah guru menerapkan dan menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat, sekitar 80% siswa atau sekitar 26 siswa dari 32 siswa memperoleh hasil belajar di atas nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75, sedangkan hasil belajar sebelumnya saat guru tidak menerapkan dan menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran pada saat proses pembelajaran di kelas hanya terdapat 44 % siswa atau sekitar 14 siswa yang memperoleh hasil belajar di atas nilai KKM. sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik persiapan yang dilakukan guru maka hasil yang diperoleh siswa akan lebih maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:30
Last Modified: 27 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item